Buka Puasa
Buka Puasa. Image via buzzfeed

Berbuka puasa tentunya menjadi suatu yang dinanti-nantikan setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga. Dan tentunya ada menu-menu khusus yang akan disantap ketika buka puasa ini dimana menu-menu tersebut tidak akan dijumpai selain ketika bulan Ramadhan saja.

Di negara kita yang kaya akan kuliner ini, banyak sekali hidangan-hidangan khas untuk berbuka yang hanya dapat dijumpai ketika bulan puasa. Namun ternyata bukan Indonesia saja yang memiliki tradisi Ramadhan dengan menu khas untuk berbuka puasa. Negara-negara lain juga memiliki berbagai panganan unik untuk disantap ketika berbuka.

1Turki

Roti Pide

Umat Muslim di Turki akan menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita dan kebahagiaan yang luar biasa dan tentunya juga dengan hidangan berbuka puasa yang khas. Di kota-kota besar seperti Istanbul, semua restoran dan rumah makan akan berlomba-lomba melakukan penawaran khusus bagi menu untuk buka puasa selama bulan Ramadhan. Yaitu satu set menu yang dibuka dengan menghidangkan sup iftariye, roti pide (roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadhan), pastırma, sujuk, dan berbagai kue-kue yang disebut börek. Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan khas dari Turki terutama makanan tradisional Ottoman. Sementara pencuci mulut terkenal yang disebut “güllaç” yang terbuat dari air mawar.

Kembali