5. Sichuan-Tibet Highway (China)

Jalan raya Sichuan-Tibet memiliki kemiringan yangg tinggi, yaitu di daerah antara Chengdu dan Tibet. Tanah longsor dan salju longsor seringkali terjadi di daerah ini, yang menjadikan jalanan ini menjadi sangat berbahaya.

4. Siberian Road to Yakutsk (Russia)

Jalan raya yang menghubungkan Moscow dengan Yakutsk ini terkenal paling dingin sedunia di luar benua Antartika. Oleh karena itu jalan ini tidak bisa diaspal. Akibatnya bisa diduga. Saat musim panas tiba, hujan yang turun akan menyebabkan jalan menjadi rusak parah.

3. Ruta 5: Arica to Iquique Road (Chile)

Jalanan dari Afrika menuju Iquique ini terkenal berbahaya. Saat kita berkendara dengan kencang, maka angin dari samping yang amat kencang bisa mendorong mobil kita terjun ke lembah yang dalam.

Apalagi saat ada yang menyalip, maka kekuatan angin akan semakin berlipat. Karena letaknya di tengah padang pasir, maka seringkali muncul halusinasi yang bisa menipu pandangan para pengendara. Oleh karrna itu untuk bisa selamat dari jalanan ini dibutuhkan konsentrasi yang berlebih dalam berkendara.

2. Guoliang Tunnel Road (China)

Jalan di gunung Taihang dibangun oleh penduduk setempat. Selama lima tahun, terowongan dengan panjang 1,2 km, tinggi 5 meter dengan lebar 4 meter ini dibangun. Beberapa orang meninggal dalam kecelakaan selama pembangunan jalan tsb. Terowongan tsb akhirnya dibuka pada tgl 1 Mei 1977. Letaknya di propinsi Hunan, RRC.

Baca Juga  10 Ekosistem Pulau Terunik di Dunia

1. The Death Road (Bolivia)

Photo by: Nicky.lew

Yungas Road sebelah utara yg dikenal sebagai Death Road (Jalan Kematian) terletak di km 61 s/d 69 dari kota La Paz menuju ke Coroico (Ibukota Bolivia, wilayah Amazon) di propinsi Yungas, Bolivia. Di thn 1995 Inter American Development Bank menjulukinya sebagai Jalan Kematian. Diperkirakan 200-300 orang per tahun meninggal saat melintasi jalur ini.

Di akhir tahun 2006, setelah dibangun selama 20 thn, sebuah jalan lintas (by pass) dari La Paz menuju Coroico akhirnya bisa dipakai. Akibatnya Jalan Kematian ini tidak lagi seramai dulu. Bisa ditebak, tingkat kecelakaan-pun menurun .