HRP-4 RoboCop Hasil Kreasi Ilmuwan versi JepangIlmuwan Jepang kembali menghadirkan sebuah robot prajurit. Robot bernama HRP-4 ini adalah robot humanoid versi terbaru di negari Sakura itu.

HRP-4 dikembangkan oleh Kawada Industries dan National Institute of Advances Industrial Science & Technology (AIST). Robot tersebut bisa berdiri dengan satu kaki, melacak wajah maupun objek dan merespon perintah suara.

HRP-4 terlihat mirip dengan RoboCop tapi lebih langsing. Beratnya hanya 39 kg termasuk baterai yang berarti lebih ringan 4 kg dibanding robot pendahulunya, robot HRP-4C yang pernah menjadi model gaun pengantin di Osaka, Jepang.

Robot yang berukuran 150 cm ini mempunyai 34 sendi gerak dengan tujuh sendi di masing-masing lengan dan mempunyai jari yang mampu bergerak lebih tepat dibanding seri sebelumnya. Dikutip detikINET dari Cnet, Minggu (19/9/2010), masing-masing lengannya mampu membawa beban sekitar 450 gram.

Robot yang berdaya 80 watt ini rupanya juga bisa berguna dalam membantu pekerjaan rumah seperti memegang peralatan listrik dan menuangkan minuman.

HRP-4 sendiri merupakan hasil dari penelitian oleh sektor publik dan swasta di Jepang selama lebih dari satu dekade dengan menggunakan teknologi yang pernah dikembangkan Honda.

Robot HRP-4 rencananya akan dijual mulai USD 300.000 namun belum termasuk software. Kawada dan AIST menargetkan pusat penelitian asing, domestik dan universitas sebagai pembeli potensial robot prajurit ini.

Baca  Benteng Terbang, Proyek Top Secret Uni Soviet