Xiao Long Bao, Camilan Favorit Khas Shanghai

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| May 12, 2011 | Kategori Wisata

Xiao Long Bao (semacam pangsit kuah kukus) adalah makanan favorit orang Cina yang berasal dari Shanghai. Makanan ini punya cara pengolahan yang sebenarnya sederhana. Kuah sup dibekukan, dipotong-potong dalam bentuk kotak kecil, dimasukkan bersama daging olahan atau apa pun yang ingin dimasukkan di dalam kulit.

Selanjutnya, adonan itu dikukus dalam krakat (rantang) bambu khusus pada suhu tinggi. Dengan cara ini, Xiao Long Bao terasa sangat nikmat dimakan selagi panas. Pada gigitan pertama itulah akan terasa kehangatan kuah sup yang sudah mencair di dalam pangsit.

Xia Long Bao
Xia Long Bao dengan pasangan cuka hitam dan irisan jahe. Kredit foto: ThinkStock

Sebagai bagian dari makanan ringan, Xiao Long Bao terlihat unik karena penyajiannya yang menggunakan krakat bambu. Cara memakannya pun memberi pengalaman tersendiri. Pangsit kukus ini sudah enak dimakan tanpa apa pun, tetapi pasangan cuka hitam dan irisan jahe akan menambah kenikmatan pangsit kukus ini.

Cara benar melahap Xiao Long Bao

Makanan ini tidak bisa langsung dilahap dengan tangan, karena dijamin akan membuat jari dan lidah Anda langsung melepuh. Kuah yang ada di dalam pangsit pun bisa tumpah ke baju. Ini kiat khusus menikmati Xiao Long Bao dengan nyaman:

1. Saat krakat bambu dibuka, angkat perlahan-lahan Xiao Long Bao dari bagian atasnya, tepat di bawah kuncup. Jika terlalu cepat, kulit Xiao Long Bao yang rapuh bisa terkoyak karena masih menempel di kain alas dan kuah sup yang ada di dalam Xiao Long
Bao akan tumpah.

2. Campur jahe dan cuka hitam terlebih dahulu. Kemudian, letakkan jahe di bagian atas Xiao Long Bao dan rendam sejenak Xiao Long Bao di atas cuka hitam.

3. Letakkan Xiao Long Bao di sendok bubur dan gigit sedikit kulit Xiao Long Bao sehingga kuah akan otomatis tumpah di sendok.

4. Segera seruput sup itu dan gigit sedikit demi sedikit isi di dalamnya bersama dengan jahe yang terletak di bagian atas.

5. Jika cuka hitam dan jahe terasa kurang, celupkan dan tambah lagi jahenya. Pada awalnya, Xiao Long Bao hanya berisikan daging babi dan kulitnya pun berwarna putih. Namun sekarang makanan bisa dinikmati dengan berbagai isi seperti ayam giling, campuran berbagai ikan laut, atau daging merah. Kulit Xiao Long Bao pun sekarang tampil berwarna-warni.

Xiao Long Bao Warna-warni

Xiao Long Bao

Sebuah restoran di Singapura menyediakan delapan warna Xiao Long Bao yang sekaligus menampilkan delapan rasa berbeda, yaitu: orisinal (putih), ginseng (hijau), foie gras atau hati angsa (cokelat), black truffle, sejenis jamur (hitam), keju (kuning), crab roe atau telur kepiting (oranye), bawang putih (abu-abu) dan Sichuan (merah muda).

Xiao Long Bao hijau, yang berisikan daging ayam dengan campuran ginseng, terasa hangat ketika diseruput. Sedangkan campuran keju memberi rasa asin pada pangsit kukus berwarna kuning dan bumbu Sichuan memberi rasa pedas dan pahit sekaligus pada yang merah muda.

Satu set krakat terbesar isi 10 Xiao Long Bao foie gras atau black truffle harganya sekitar Rp 140 ribu. Sedangkan satu set krakat isi delapan Xiao Long Bao aneka warna, harganya sekitar Rp 120 ribu.

Seperti orang bilang, ada harga ada barang. Memang rasa kedua Xiao Long Bao dengan isi dua hal ini yang memiliki rasa terunik.

Hati angsa membuat kuah sup di dalam Xiao Long Bao foie gras lebih kental dan daging lebih empuk dikunyah. Sedangkan Xiao Long Bao black truffle juga menambah pengalaman mengunyah jamur yang lebih berstruktur.

Yahoo Travel


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya