Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia yang Ada di Indonesia

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Apr 25, 2011 | Kategori Wisata

Pulau Simping

Indonesia memang negara kaya. Luas, kaya, dan indah.

Soal pariwisata, Indonesia menjadi salah satu negeri terkuat di Asia. Bukan hanya Bali, banyak pulau dan pantai yang amat menarik minat wisatawan.

Jika memiliki pulau yang paling banyak dikunjungi, Bali, maka Indonesia juga memiliki pulau yang diklaim sebagai pulau terkecil di dunia. Namanya Pulau Simping. Di antara 17.508 pulau di Indonesia, Simping memang paling berukuran mini. Terletak di perairan Bay Mak Jantu, Selatan Singkawang, Kalimantan Barat, pulau ini termasuk dalam kawasan wisata pantai Sinka Park Island.

Pulau Simping

Pulau Simping merupakan daratan yang tediri dari pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon di atasnya. Di sana juga terdapat semacam klenteng kecil, tempat warga Tionghoa setempat bersembahyang. Di pulau mungil ini juga tersedia keindahan pemandangan pantai, laut, dan perbukitan yang mengelilinginya. Maka tak heran. Walaupun sangat kecil Simping tak pernah sepi pengunjung.

Pulau Simping

Kawasan ini juga termasuk dalam area konservasi dan hutan yang dilindungi. Dan PBB pun sudah mengakui bahwa Simping merupakan pulau terkecil di dunia dan klaim ini semakin membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk menjangkaunya tidaklah sulit, hanya 20 menit dari kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu. Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 Jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang.

Nah, jika Anda kebetulan mampir ke Pontianak, jangan lewatkan untuk melihat pulau terkecil di dunia ini, ya!