Sejarah Dibalik Indahnya PLTU Paiton

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jan 23, 2011 | Kategori Unik

BeritaUnik.net – Pasti pada tau dong PLTU Paiton?? Itu loh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang bertugas mengaliri listrik untuk Jawa-Bali. Letaknya di Paiton. Tepatnya di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur, di Desa Binor, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di utara, Kecamatan Kraksaan di sebelah barat, serta Kabupaten Situbondo di sisi Timur.

Kalau kita ingin kedaerah Probolinggo/Surabaya melalui darat (Jalur Utara), kita akan melewati PLTU Paiton ini.

Mungkin kalau pembangkit listrik lainnya, sudah biasa menurut kalian. Tapi PLTU ini beda loh.. Bedanya megah banget.. dan yang paling seru, PLTU ini dibangun diatas laut yang diuruk pasir. Nah kebayang gak tuh.. Lautan loh.. Berapa banyak pasir yang dipakai uruk ya kira-kira… ?? ckckck…

PLTU Paiton

Tau gak, kalau kalian lihat gambar dibawah ini. Dulunya setelah pembatas jalan itu, adalah tebing tinggi dimana dibawah tebing tersebut adalah lautan. Dan di balik PLTU ini, kalau kalian bisa masuk.. Ada sebuah tempat aliran air yang terlihat seperti parit tapi itu bukanlah parit, tapi palung lautan. Jadi kalau kalian kepeleset disitu, hmmmm..

Di PLTU Paiton ini juga menjadi tempat favorit para pemancing juga, karena tidak perlu jauh jauh ketengah lautan, dengan memancing dari batas PLTU Paiton ini saja sudah bisa memancing ikan yang adanya di tengah lautan.

PLTU Paiton

Sekilas PLTU Paiton

Pembangunan Proyek Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Uap yang berbahan bakar batubara ini berdasarkan pada Peraturan Presiden RI Nomor 71 Tahun 2006 tanggal 05 Juli 2006 tentang penugasan kepada PT. PLN (Persero) untuk melakukan Percepatan Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik yang menggunakan batubara.

Tapi pengerjaan PLTU ini baru dimulai setelah ditanda tanganinya kontrak proyek pengerjaannya pada tanggal 12 Maret 2007 oleh PT PLN (Persero) dan Konsorsium Harbin Power Engineering Co. Ltd. dari China dan Perusahaan Lokal PT Mitra Selaras Hutama Energi.

Nilai Kontrak dari proyek ini sebesar US$ 389,206,488.60 dan Rp 706,630,361,158.96 belum termasuk Value Added Tax.

Pembangkit ini mengoperasikan 2 PLTU dengan total kapasitas 800 MW. Energi listrik ini kemudian didistribusikan melalui SUTET 500 kV Sistem Interkoneksi Jawa-Bali.

Secara keseluruhan, terdapat 6 unit pembangkit listrik yang mengaliri listrik ke Jawa-Bali:
* Unit 1 & 2 dengan kapasitas paling kecil, yakni 800MW dimiliki dan dioperasikan oleh Unit Pembangkitan Paiton
* Unit 5 & 6 berkapasitas 1260MW dimiliki oleh Jawa Power dan dioperasikan oleh YTL Jawa Timur.
* Unit 7 & 8 memiliki kapasitas 1200MW dimiliki oleh Paiton Energy Co dan dioperasikan oleh PT. International Power Mitsui Operation & Maintenence Indonesia (IPMOMI).
* Unit 3 & 4 mengaliri listrik di P. Jawa.
* Unit 9 saat ini sedang dalam tahap pengerjaan oleh Konsorsium dari China, dan di harapkan selesai pada 2012.

Pada kompleks pembangkit listrik Paiton, terdapat 2 Pembangkit Listrik Swasta dengan kontribusi kapasitas sebesar 2500MW :
I. Pembangkit Listrik Swasta I yang dimiliki oleh PT. Paiton Energy Company dan dioperasikan oleh PT. International Power Mitsui Operation & Maintenance Indonesia. Total kapasitas 1230 MW.
II. Pembangkit Listrik Swasta II yang dimiliki oleh PT. Jawa Power dan dioperasikan oleh PT YTL Jawa Timur. Total kapasitas 1300MW

Buat yang belum pernah ngelihat langsung PLTU Paiton ini, berikut saya bagikan beberapa foto PLTU Paiton pada malam hari. Keren banget deh….

Paiton Malam hari 1

Paiton Malam hari 2

Paiton Malam hari 3

Paiton Malam hari 4

• gugling


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya