Penemuan Balon Gas

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Nov 15, 2010 | Kategori Unik

SUKA sama balon gas? Apa bedanya sengan balon biasa? Kenapa balon gas bisa ”terbang” ke angkasa? Digunakan untuk apa saja balon gas itu? Bagaimana cara supaya balon gas bisa ”terbang” tinggi?

Balon gas diisi oleh gas yang lebih ”ringan” dari ”udara”, oleh karena itu jika gas yang ”lebih ringan” itu ”dikumpulkan dalam ”wadah” balon, maka ”udara ringan” plus wadah (balon) nya tentu akan naik tinggi di udara.

Konon balon pertama kali diciptakan oleh bangsa Aztec, yang membuat balon dari usus besar kucing sebagai bahan persembahan bagi dewa mereka. Beberapa literatur menyebutkan bahwa balon jaman dahulu memang dibuat dari bagian dalam binatang seperti usus, kandung kemih.

Gas yang lebih ringan ini diantaranya Hidrogen, namun karena hidrogen mudah terbakar maka digunakan gas Helium, dan harganya memang lebih mahal, namun aman.

Tukang Balon gas kerap menggunakan campuran karbit dan air yang menghasilkan gas Asitilen, yang biasanya digunakan untuk megelas. Gas ini juga berbahaya dan mudah terbakar.

Sejarah balon telah digunakan untuk alat transportasi. Yang terkenal adalah balon udara Zeppelin, yang pertama mengudara tahun 1900 dan terbakar pada tahun 1937, yang dikenal sebagai Musibah Hindenburgh. Perlu kamu ketahui bahwa kebakaran balon Zeppelin itu bukan sepenuhanya dipicu oleh gas Hidrogen yang dikandungnya, namun oleh bahan mudah terbakar lainnya yang melapisi katun agar tahan air (asetata selulosa, dan bubuk aluminium). Saat itu cuaca buruk, dan balon banyak mengandung listrik statis, sewaktu “jangkar” mengenai bumi, timbullah percikan api yang “menyulut” bahan kulit yang mudah terbakar itu.

Balon gas juga digunakan sebagai alat pemantau cuaca, dan kini banyak digunakan juga untuk Iklan. Juga sebagai wahana wisata untuk melihat-lihat keindahan alam.

source: http://b0cah.org/index.php option=com_content&task=view&id=467&Itemid=40


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak