Ogoh-Ogoh Gayus Tambunan dari Bali

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Feb 28, 2011 | Kategori Unik

BeritaUnik.net – Sifat seorang koruptor Gayus Tambunan yang ‘Kala Loba’ atau bahasa lainnya TAMAK, menjadi inspirasi warga Banjar Tegalsari, Penyobekan, Denpasar Timur ke dalam bentuk patung ogoh-ogoh.
Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala (makhluk jahat).

Seperti arti ogoh-ogoh itu, warga membuat ogoh-ogoh Gayus yang mengibaratkan sifat Gayus yang seperti ‘buta kala’ ke dalam bentuk patung, yakni ‘kala loba’. ‘Kala loba’ dalam bahasa Bali memiliki arti serakah.

Ogoh-ogoh sendiri sejak dulu selalu digambarkan dengan sifat jahat oleh tokoh pewayangan. Jadi karakter Gayus dianggap cocok dipakai sebagai ogoh-ogoh.

Karena ini sudah zaman modern, nggak mungkin ada leak atau rangda berkeliaran, tapi sifat Gayus yang serakah inilah yang sekarang berkeliaran.

gayus

Gayus Ogoh Ogoh

Ogoh-ogoh-gayus-(Gede)-dalam

Patung ogoh-ogoh Gayus ini berukuran : tinggi 2 meter dan lebar 70 centimeter dan menghabiskan dana Rp500 ribu untuk badannya, sementara untuk kepala sang koruptor itu dipesan dari seorang seniman patung ogoh-ogoh I Wayan Candra seharga Rp300 ribu. Dalam waktu seminggu, tubuh ogoh-ogoh Gayus ini berhasil dibuat oleh warga Banjar Tegalsari, Penyobekan.

Sebagai simbol keserakahan, kedua tangan ogoh-ogoh Gayus, yaitu tangan kanan menggenggam sejumlah uang dan tangan kanan menenteng koper yang penuh dengan uang. Ogoh-ogoh ini pun memakai baju batik, mirip dengan baju batik yang dipakai gayus saat menjadi terdakwa di persidangan.

Patung ogoh-ogoh merupakan patung yang terbuat dari anyaman bambu atau gabus yang khusus dibuat sebelum perayaan tahun baru Saka atau Nyepi bagi umat Hindu di Bali.

Sebelum Nyepi tiba, terlebih dahulu patung ogoh-ogoh diarak keliling desa pada malam hari dan kemudian dibakar dengan tujuan untuk memusnakan sesuatu yang jahat sebelum hari suci tiba.


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya