Mengapa Mobil Mogok Ketika Cuaca Dingin?

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Mar 11, 2011 | Kategori Unik

Mobil anda berkarat tepat di depan mata, tiba – tiba juga mobil itu tidak mau di Start, ban anda mendadak kempes dan belum lama ini anda selip menabrak mobil, kaca depannya yang katanya anti pecah ternyata pecah juga, tapi untungnya tidak ada serpihan yang dapat menggorok leher anda. Tidak kah lebih baik jika anda memahami cerita ilmiah di balik semua kejadian tadi? Tentu saja, setelah anda cukup tenang. Nah, berikut ini beberapa hal menarik yang terkait erat dengan ke-akraban kita dengan benda yang disebut mobil.

“Dalam cuaca dingin, baterai mobil saya setengah mati. dalam cuaca kelewat dingin, baterai itu bahkan tidak kuat untuk start. Tapi saya pernah dianjurkan menyimpan baterai lampu senter saya dalam lemari es supaya tahan lama. Tapi mengapa hawa dingin baik bagi baterai lampu senter tapi buruk bagi baterai mobil?”

Orang waras tidak akan menyuruh Anda menggunakan baterai lampu senter yang baru di bekukan. Baterai itu akan sama malasnya dengan baterai mobil. Hawa dingin menghambat kedua macam baterai ini. Keduanya harus berada di sekitar temperatur kamar agar kita dapat memanfaatkan energi yang tersimpan.

Baterai menghasilkan listrik – aliran elektron – melalui reaksi kimia dan semua reaksi kimia berjalan lebih lambat pada temperatur lebih rendah. Coba dinignkan sebuah baterai jauh di bawah temperatur kamar normal maka banyak elektron yang dapat dikeluarkan per detik (dalam bahasa ilmiahnya disebut kuat arus) menjadi terbatas sekali, baik baterai itu baterai mobil atau baterai kampu senter. Baterai kedinginan dalam sebuah MP3 akan mengubah suara nyaring wanita menjadi suara berat seorang pria. Lagi pula, jangan memasukkan baterai beku ke dalam MP3. karena embun yang terjadi dapat berakibat buruk pada rangkaian listriknya. Dalam situasi sedingin itu Maria Carry atau Mozart lebih suka berkerudung sarung daripada menyayikan music bagi anda.

Hanya kemampuan baterai membuat arus – mengerahkan elektron sebanyak yang dibutuhkan yang terhambat oleh temperatur dingin. Hawa dingin tampaknya tidak berpengaruh terhadap gaya untuk mengirimkan elektron-elektron (dalam bahasa ilmiahnya disebut tegangan).

Ada satu hal lain : Baterai membocorkan sedikit listriknya bahkan meskipun kedua kutubnya tidak terhubung, yakni bahkan ketika baterai itu tidak sedang mengalirkan listrik. Ini dengan sendirinya mengurangi cadangan listrik yang terdapat dalam bahan kimianya. Apabila anda menyimpannya dalam ruang pendingin, Anda akan memperlambat reaksi kimia kecil-kecilan,atau dengan kata lain mengawetkan energi cadangan sampai saat Anda sungguh membutuhkannya. Bagaimanapun, baterai alkaline masa kini mempunyai umur simpan yang panjangnya sehingga penyimanannya dalam lemari pembeku hapir tidak memberikan hasil berbeda.

Dalam baterai mobil, yang terisi suatu cairan (asam sulfat), ada faktor lain menghambatnya di picu oleh hawa dingin. Ketika baterai mengirimkan arus, atom-atom tertentu (sesungguhnya adalah dipicu ion-ion) harus pindah atau berenang, melalui asam dari kutub positif ke kutub negatif dan sebaliknya. Pada temperatur rendah, atom-atom itu menjadi lamban, maka kemampuan baterai untuk mengirimkan arus menjadi terbatas.


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya