Matematika Bisa Kita Temukan di Alam

0

fraktal secara umum “bentuk geometris atau terfragmentasi kasar yang dapat dipecah menjadi beberapa bagian, yang masing-masing setidaknya beberapa salinan untuk mengurangi ukuran keseluruhan,” properti A disebut diri kesamaan. Istilah ini diciptakan oleh Benoît Mandelbrot pada tahun 1975 dan fractus berasal dari bahasa Latin yang berarti “rusak” atau “kracking” Sebuah persamaan matematika fraktal berdasarkan pengalaman dari iterasi, suatu bentuk umpan balik berdasarkan fraktal Perkiraan rekursi dapat dengan mudah ditemukan. alam. Benda-benda ini menampilkan struktur serupa diri melalui diperpanjang, namun lingkup terbatas, skala. Contohnya adalah awan, serpih salju, kristal, gunung, petir, jaringan sungai, kembang kol atau brokoli, dan sistem pembuluh darah dan pembuluh paru-paru.

Aerial Photo Route Chicago to Houston.

Air merembes dari pasir pada saat air surut saluran ini dibuat luar biasa


Chambers dari nautilus shell adalah contoh dari spiral fibonacci.

Alam lain yang menarik adalah fraktal Romanesco kembang kol, yang merupakan lintas antara brokoli dan kubis bunga, yang menekankan pola spiral besar fraktal di atas.

Gambar dari spiral buaya, diambil di taman botani di San Francisco.

Es kristal yang tumbuh di langit-langit garasi bawah tanah, Antartika, 2.005

Berikut ini adalah untuk menjelaskan mengapa angka Fibonacci dan jumlah pekerjaan φ terkait di alam. kejadian mereka tidak acak atau sewenang-wenang. Hal ini karena haruslah demikian. Sunflower, ditampilkan di sisi kanan, merupakan sebuah contoh sempurna dari urutan Fibonacci dan rasio “emas yang tepat” muncul di alam.

Banyak bunga dan tanaman mengikuti pasterns Fibonacci fraktal atau urutan. Cactus, misalnya, fraktal dan kadang-kadang beberapa bunga mengikuti deret Fibonacci:

Sea Urchin sedikit di atas biasa. Hal ini ditemukan oleh kapal penelitian dekat Kaledonia Baru pada kedalaman 1000 ft

Fractal virus and bacterial colonies