7 Fakta Menarik Seputar Ciuman

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jul 25, 2011 | Kategori Unik

Ciuman tidak hanya sekadar saling menempelkan bibir. Ada banyak hal menarik lainnya di balik aktivitas yang biasa dilakukan pasangan itu. Ada 14 fakta menarik tentang ciuman yang diungkapkan oleh Sheril Kirshenbaum, penulis buku ‘The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us’, seperti dikutip dari iVillage. Namun sekarang kami jelaskan tujuh fakta tersebut, ini dia:

1. Berciuman Tidak Hanya Sekadar Adanya Chemistry
Ciuman paling menyenangkan dilakukan saat pasangan sudah saling memiliki hubungan emosional yang kuat dan suasananya tepat, bukan hanya sekadar memiliki chemistry. “Tidak ada satu formula yang benar-benar tepat tentang ciuman paling hebat, butuh banyak formula,” ujar Kirshenbaum.

2. Ciuman itu Natural, Tapi Tekniknya Bisa Dikembangkan
Sejak lahir manusia sepertinya sudah paham bagaimana berciuman. Bahkan hewan pun bisa melakukannya, jerapah misalnya berciuman dengan saling melilitkan lehernya. Namun untuk tekninya, manusia bisa mengembangkannya sendiri dengan melihat film atau acara televisi.

Tentu saja ada yang dipelajari manusia untuk membuat pengalaman berciuman ini jadi lebih menyenangkan,” tutur Kirshenbaum.

3. Bibir Mengkilat Bisa Membuat Bergairah
Menurut Kirshenbaum, hanya dengan sedikit sentuhan warna mengkilat di bibir bisa menstimulasi beberapa bagian di otak dengan cukup sigfinikan. Bagian tersebut biasanya hanya bisa dibangkitkan dengan stimulasi seks.

4. Ciuman Dilakukan Sejak 3.500 Tahun Lalu
“Bukti tertulis yang dibuat oleh orang India dalam bahasa Sanskerta ciuman dilakukan pertama kali 3.500 tahun lalu , meski begitu, aktivitas serupa (berciuman) juga bisa ditemukan pada spesies lain. Hanya saja manusia memang sudah bisa melakukan hal ini sejak ada di bumi,” ujar Kirshenbaum.

5. Ciuman Bisa Dianggap Menjijikkan

Meski ciuman merupakan aktivitas yang cukup universal dan diketahui banyak orang, ternyata tidak semua orang menganggapnya menyenangkan. Berdasarkan catatan antropolog Helen Fisher, beberapa suku di Afrika Selatan menganggap ciuman sebagai hal yang menjijikkan. Malah beberapa orang di Afrika Timur dan Amerika Selatan, tidak mengenal ciuman.

6. Uniknya Cara Berciuman Suku Maori
Suku asli Kanada dan New Zealand yaitu Maori, menggunakan hidung mereka sama seperti bibir: mereka mencium kulit yang ada di antara hidung dan bibir bagian atas. Hanya saja tidak ada penelitian lebih lanjut apakah aktivitas yang dilakukan dua suku tersebut menghasilkan efek yang sama seperti ciuman yaitu keluarnya hormon oksitosin.

7. Ciuman Pertama Selalu Diingat
Menurut penelitian Butler University, Indianapolis, Amerika Serikat, ciuman pertama lebih diingat ketimbang seks pertama. Kirshenbaum berpendapat, hal itu bisa jadi karena ciuman merupakan awal dari sebuah aktivitas seksual.


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya