7 Buah Nostalgia yang Mulai Terlupakan

2

1. Jamblang

Buah jamblang ini, cukup terkenal dengan pohonnya, yang katanya, menjadi sarang kuntilanak . Dibalik semua itu, ternyata buah jamblang rasanya sepet-sepet dan manis. Beberapa bagian tanaman ini juga dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya sering kali digunakan sebagai obat kencing manis, diare, dan beberapa penyakit lain. Namun, kemana sekarang ?

2. Keledang

Buah keledang. Apakah nama ini asing di telinga Anda ?
Sekilas buah ini mirip nangka, bentuknya yang unik dan rasanya yang manis, rasanya seperti campuran nangka dan manggis. Tertarik untuk mencoba ? Jika tertarik. Silahkan ke Kota Samarinda di bulan Desember.

3. Gohok

Buah gohok atau gowok. Buah yang ga bisa di makan sama kulit-kulitnya ini, sudah lumayan langka di temui. Anda yang sudah pernah makan buah ini, hanya bisa “Nyengir” . Tapi buat Anda yang belum pernah mencoba buah ini. Anda bisa datang ke Jl. Yusuf Adiwinata, Menteng. Hati-hati dengan rasa asamnya! 5000/bungkus (kalo ga salah) dulu beli masih 500/bungkus koran.

4. Kesemek

Coba tebak, buah apa yang genit? Yups betul. Buah kesemek, dagingnya renyah dan rasanya mirip campuran mangga dan apel. Dan kalo Anda mau tau, dibandingkan semangka dan apel kandungan vitamin C juga A pada buah ini jauh lebih tinggi. Kesemek juga mencegah kanker & jantung (duet penyakit orang kaya nih), menurunkan kolestrol jahat, dan mencegah sembelit. per-kg nya, kesemek cuma 5000. Bandingkan dengan apel yang 10.000-an/kg.

5. Ceplukan

Buah yang mirip cherry hutan ini. Memiliki nama sunda Cecendet. Biasanya tumbuh liar di kebon-kebon, tepi hutan dan daerah yang terkena cahaya matahari. Tapi seumur-umur belum pernah nemuin tanaman ini yang buahnya udah masak (warnanya kuning). Katanya rasanya manis dan di sukai anak-anak. Yang mau coba? Biasanya udah di bentuk dalam kemasan tablet, soalnya buah ini khasiatnya lumayan banyak.

6. Kecapi

Ini dia, buah yang paling enak dan bisa di dapat dengan gratis dan cara membukanya yang unik, di banting atau di jepit di pintu. Rasanya buah ini asam dan manis.

7. Lobi – Lobi

Buah lobi, biasanya kita sebut lobi-lobi, kalau di sukabumi lolobi.  Biasanya lobi-lobi di jadikan rujak dengan bumbu standar, garam, gula merah, cabe rawit, tambah terasi, dan rasanya bener bener asam manis, seger banget, rasanya mengingatkan saat masa kecil dulu.