10 Pernikahan Selebritis Indonesia Paling Disorot 2010

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Dec 19, 2010 | Kategori Top 10

BeritaUnik.net – Pernikahan tentu menjadi sebuah momen istimewa sepanjang hidup bagi setiap pasangan. Keistimewaan bukan hanya statusnya sebagai selebritis, namum secara luas, para tamu yang datang, konsep pernikahan, desain gaun dan lain-lain turut menjadi bagian keistimewaan itu, apalagi dibumbui juga rumor gosip sebelumnya.

BeritaUnik.net mengumpulkan 10 pernikahan paling heboh sepanjang tahun 2010, yang paling banyak mendapat perhatian masyarakat dikutip dari kapanlagi.

1. Tamara Bleszynski – Mike Lewis

Pernikahan dua sejoli Tamara Bleszynski – Mike Lewis diawali dengan rumor gosip hubungan mereka yang terjalin sajak 2007, saat Tamara masih berstatus sebagai istri Teuku Rafli Pasya. Pernikahan keduanya ini pun berlangsung secara diam-diam di Pulau Dewata Bali, dan seolah semakin mendukung rumor gosip selama ini.

Pasangan beda usia ini pun melangsungkan pernikahan di Bali dalam sebuah upacara tertutup dan sangat pribadi pada 2 Februari 2010. Mike yang secara usia lebih mudah, seolah tidak peduli dengan gosip, akhirnya menjadikan Tamara sebagai pasangan hidup, yang akan mendampingi mengarungi kehidupan rumah tangga.

Tak satu pun media punya kesempatan untuk meliput pernikahan mereka, kecuali fotografer Jed V Doble, seorang fotografer profesional asal Filipina, yang secara khusus mengabadikan momen bersejarah tersebut. Namun lewat beberapa foto acara tersebut, upacara berlangsung elegan dan penuh kemewahan. Gaun pengantin yang dikenakan Tamara serba seperti cinta, sementara Mike nampak gagah dengan jas hitamnya.

Semakin istimewa, foto-foto eksklusif pernikahan mereka secara khusus akhirnya dibeli oleh situs entertainment KapanLagi.comâ„¢ seharga Rp110 juta. Ini sekaligus menjadi sejarah di Indonesia, karena pertama foto pernikahan artis diperjualbelikan. Hasil penjualan foto kemudian disumbangkan untuk kesejahteraan anak-anak kurang beruntung usia 5 – 15 tahun yang menderita penyakit yang tak tersembuhkan melalui Yayasan Maria Monique Last wish.

Mike dan Tamara baru mengumumkan pernikahan dalam press conference di Dua Mutiara Room, Hotel JW Marriot, Mega Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (22/2). Saat itu pula diserahkan foto-foto pernikahannya kepada situs entertainment terbesar, KapanLagi.comâ„¢.

2. Nia Ramadhani – Ardie Bakrie

Setelah bertunangan pada 17 Oktober 2009, Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie akhirnya memutuskan menikah pada 1 April 2010 dengan mas kawin uang tunai senilai Rp2.015,00 dan seperangkat alat sholat. Nilai mas kawin tersebut, sekaligus menepis isu bahwa mempelai perempuan akan menerima mas kawin dengan nilai besar, maklum selain Ardie sebagai salah satu direktur di TVOne, ayahnya, Abu Rizal Bakrie merupakan pengusaha terkaya di negeri ini. Meski demikian prosesi pernikahan mereka tetap berlangsung secara mewah.

Mas kawin senilai Rp2.015,00 dalam bentuk satu keping Rp1,- melambangkan tanggal pernikahan, kemudian 4 buang keping Rp1,- melambangkan bulan, dan selembar uang dua ribu ditambah pecahan Rp10,- melambangkan tahun.

Pembacaan akad nikah berlangsung di Ruang Grand Ballroom, Hotel Mulia, Jakarta Kamis (01/04/2010) disaksikan oleh para tamu penting dan petinggi negara, dalam pengawalan yang cukup ketat, termasuk kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang bertindak sebagai saksi pernikahan. Lantaran secara politik, orang tua Ardie merupakan pemimpin Partai Golkar, sekaligus Mantan Menteri.

Keistimewaan juga terlihat dalam setiap tahapan pernikahan, prosesi upacara baik di rumah Nia di Jl. Benda II No. 9 Ciganjur Jagakarsa Jakarta Selatan, yang berlatar belakang budaya Sunda, maupun di kediaman Ardie yang berlatar belakang Padang, selalu digelar dalam suasana pesta meriah. Bahkan untuk kepentingan Siraman (31/3), akad nikah sekaligus resepsi, dan pesta keluarga, Nia menyiapkan 9 baju pesta. Dugaan publik, pesta ini menelan biaya hingga puluhan milyar rupiah.

Semakin keistimewaan pernikahan mereka, setelah keduanya bulan madu sambil menyaksikan piala dunia sepak bola di Afrika Selatan.

Pernikahan mereka pun terus menjadi perbincangan terutama setelah pondok pesantren Lirboyo Kediri, memberikan perhatian soal cincin kawin mereka yang dibuat di Thailand dari darah kedua mempelai. Cincin tersebut difatwakan haram karena terbuat dari darah yang najis menurut hukum Islam.

Tak lama setelah menikah, pengajukan permohonan untuk mengubah nama Nia juga kembali menjadi perbincangan. Nia Ramandhani mengubah nama menjadi Ramadhania Ardie Bakrie. Proses pengubahan nama ini oleh beberapa pihak agar masuk di dalam klan Bakrie, yang pada akhirnya menjadi sebuah keuntungan secara finansial.

3. Dian Sastrowardoyo – Indraguna Sutowo

Pasangan Indraguna Maulana Sutowo atau lebih dikenal sebagai Indraguna Sutowo dan artis Dian Sastrowardoyo resmi menikah dalam prosesi akad nikah tak kalah mewah yang berlangsung di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (18/05), sementara resepsi pernikahan berlangsung di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/05) kemudian. Sebelumnya Dian juga menjalani upacara siraman, midodareni dan pengajian di rumah orang tuanya di Jl. Bangka Raya No 49, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Prosesi pernikahan sepenuhnya mengunakan konsep adat Jawa dengan perpaduan budaya Islam, maklum kedua mempelai merupakan keturunan Jawa tulen. Kakek Indraguna Sutowo adalah Ibnu Sutowo, pengusaha sekaligus direktur Pertamina di masa pemerintahan Presiden Soeharto, begitupun dengan orang tua Dian yang lahir dan besar di kota Budaya Yogyakarta.

Sebagai mas kawin pernikahan berupa perhiasan emas senilai 18.5 gram, yang berarti tanggal (18) dan bulan (5/Mei) pernikahan. Setiap tahapan prosesi artis film BINTANG JATUH yang berstatus mualaf itu selalu melantunkan ayat suci Al-Quran, bahkan dia mengaku melakukan sejak pertama kali diajak menikah hingga khatam sebelum pernikahannya digelar.

Semakin melengkapi pesta pernikahan Indra dan Dian yang mengenakan baju pengantin rancangan Edward Hutabarat itu ditutup dengan sebuah pesta yang hanya dihadiri oleh para artis dan selebritis negeri ini, sebelum kemudian mereka menjalani bulan madu keliling laut Mediterania.

Dian yang dikenal sebagai selebritis kelas A, dengan film-film yang berkualitas dan diterima masyarakat sebelumnya sudah mempersiapkan untuk meninggalkan dunia akting. Kesibukannya hanya diisi dengan kegiatan akademis, sebagai dosen di Universitas Indonesia. Setelah menikah, dunia akting nyaris tidak pernah disentuhnya.

4. Indra Bekti – Adelia Jelita

Konsep pernikahan pasangan Indra Bekti dan Adelia Jelita selain mewah bisa disebut unik. Letak keunikannya pada kalender pelaksanakan akad nikah pada tanggal 10, bulan 10 (Oktober), tahun 10 (2010), juga terletak pada pesta mereka yang banyak menyajikan angka sepuluh.

Pernikahan ini masuk Indonesia Book of Records, dianggap sebagai pernikahan unik, selain tanggal nikah 10-10-10 pukul 10.00 WIB, Master of Ceremony ada 10 orang, diiringi Harley Davidson 10 kendaraan, pengiring pengantin 10 pasang, dan mas kawin yang juga 10 dinar dari emas seberat 42, 5 gram.

Bak seorang raja dan ratu, pasangan Indra Bekti dan Aldila Jelita tampil menawan dan mempesona di atas pelaminan, keduanya resmi menjadi suami istri dalam prosesi akad nikah di Masjid Baitul Tholibin, Kompleks Kementerian Pendidikan Nasional, Sudirman, Jakarta, sebelum kemudian diarak menuju lokasi pesta, di Lantai Grown Gedung Sampoerna Strategic, Sudirman, Jakarta Selatan.

Dengan mengenakan baju dari perancang Marga Alam Collection yang dipenuhi hiasan mozaik kaca sebagai ciri khas dari negeri Maroko, kedua mempelai turun memasuki ruangan pelaminan yang juga bernuansakan Arabian, didampingi 5 pasang (10) dayang yang terdiri dari para selebritis, termasuk di antaranya Wulan Guritno, Titi Kamal, Ayu Dewi, Virnie Ismail, Dimas Seto dan Dini Aminati dan diiringi band Debu.

Pesta pernikahan juga dilengkapi drama musical perjalanan cinta hingga prosesi melamar mereka, yang garap oleh koriografer Ari Tulang.

5. Happy Salma – Tjokorda Bagus

Meski hubungan artis Happy Salma dan Tjokorda Bagus Dwi Santana Max Kerthyasa atau Tjokorda Bagus terbilang sudah cukup lama, namun pesta pernikahan yang digelar disebut cukup mengejutkan dan mendadak, lantaran sebelumnya sepi dari pemberitaan. Namun prosesi pesta yang digelar lekat dengan kekayaan budaya Hindu Bali dan kemewahan itu, mengundang jutaan mata berdecak kagum. Maklum Tjokorda sendiri adalah (pangeran) putra raja Ubud, Tjokorda Raka Kerthyasa, sementara Happy Salma sendiri artis papan atas.

Prosesi pernikahan berlangsung di Puri Ubud, Gianyar, Bali, Minggu (03/10/2010) dan menjadi daya tarik bagi wisatawan asing, lantaran juga menjadi upacara budaya, yang jarang terjadi. Ribuan warga Ubud turut mendukung pesta yang digelar oleh sang raja hingga malam datang, dan memenuhi halaman Pura. Turut hadir sejumlah selebritis ibukota, yang beberapa secara khusus diundang oleh bintang akting layar lebar ini.

Happy dan Max mengenakan dua baju pengantin, semua bernuansa emas khas Bali, pada siang mengenakan kebaya dan malamnya berpakaian kemben dengan mahkota keemasan.

Pesta pernikahan Happy – Tjokorda kedua pun kembali digelar dalam sebuah resepsi lebih sederhana. Pesta berlangsung di Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (16/10) siang, hanya dihadiri sekitar 500 undangan, dan diperuntukkan khusus untuk keluarga dan beberapa artis yang tidak sempat diundang di pestanya di Bali. Prosesi digelar dengan adat Sunda, yang kental dengan budaya Muslim. Hal sekaligus menjawab isyu, jika Happy Salma telah berpindah keyakinan, karena menyelenggarakan pernikahan secara Hindu di Bali.

Happy Salma sendiri banyak merahasiakan pernikahannya, termasuk akad nikad yang digelar di catatan sipil Sydney, Australia, pada 18 September 2010. Hal ini memperkuat bahwa keduanya menikah dengan berbeda keyakinan.

6. Helmy Yahya – Febriyani Sofyan

Meskipun sebagai pernikahan kali kedua, namun pesta lamaran dan pernikahan Helmy Yahya dan Febriyani Sofyan kental dengan kesan mewah dan besar. Pesta digelar di Sapphire Room, Crowne Plaza Hotel, Jakarta Minggu (17/1/2010), dalam suasana adat Padang. Sebagai mas kawin berupa uang sebesar Rp17.012.010, yang berarti kalendar pernikahan (17-01-2010) dan seperangkat alat sholat.

Dua hari sebelumnya pernikahan, tepatnya Jumat (15/1) malam, Helmy Yahya menjalani ritual ‘Malam Bainay’ (malam lamaran) sesuai adat Minang. Dia datang diiringi oleh keempat anaknya, beserta rombongan yang membawa baki-baki seserahan yang berjumlah 12 buah, yang dikemas dengan nuansa emas.

Helmy memutuskan untuk menikah lagi setelah bercerai dengan mantan istrinya, Aci, yang sudah memberinya empat orang anak. Perceraian mereka pun diselingi aroma perselingkuhan dan sempat terjadi penggerebekan oleh Helmy. Namun keduanya pun memilih mengakhiri rumah tangga melalui proses pengadilan secara baik-baik.

Presenter yang dikenal sebagai raja kuis ini pun sempat menegaskan kalau hubungannya dengan Febriyani Sofyan, yang juga mantan mahasiswinya sendiri ini, terjadi setelah perceraiannya dengan Aci, tuntas. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi isu yang liar dan tidak berdasar.

Kemewahan pesta Hely dan Febri, semakin lengkap saat keduanya menggelar bulan madu ke Eropa Tengah dan Timur. Terhitung sejak 18 Januari hingga 4 Februari, keduanya meninggalkan semua aktivitas pekerjaan, dan menggantinya dengan keliling ke kota Wina, Slovakia, Praha, Budapest, Venezia, dan Paris yang memiliki suhu dingin.

7. Risty Tagor – Rifky Balweel

Pernikahan pasangan bintang sinetron Risty Tagor dan Rifky Balweel terbilang cukup mendadak dan sepi dari pemberitaan media, meski keluarga mengaku sudah menyiapkan pernikahan sekitar empat bulan sebelumnya. Sejak acara lamaran, akad nikah hingga pesta resepsi, digelar secara tertutup dengan pengawalan ketat dan menolak kedatangan media.

Risty dan Rifky yang masing-masing masih tergolong belia, melangsungkan pernikahan Sabtu (2/10), di Graha Pinang, Pondok Pinang, Jakarta. Pernikahan mereka berlangsung mendadak, hingga isyu kalau pengantin perempuan sudah hamil terlebih dulu pun menjadi semerbak.

Tidak hanya itu, keduanya menolak menginformasikan mas kawin pernikahan mereka, hanya saja melalui penghulu yang menikahkan, Zamroni, mas kawin disebutkan berupa perhiasan emas putih seberat enam gram yang bertahtakan berlian.

Prosesi pernikahan diketahui berlangsung secara khidmat dengan suasana modern, setelah keluarga menyebarkan hasil dokumentasi. Rifky nampak gagah dengan mengenakan pakaian serba putih dengan desain koko modern yang dilengkapi dengan peci. Sementara sang perempuan tampak anggun dan cantik dengan kebaya warna putih dan bawahan berwarna emas, dilengkapi dengan sanggul yang berhiaskan bunga melati.

Meski pernikahan Risty Tagor dan Rifky Balweel terkesan cepat dan diam-diam, keluarga membantah jika pernikahan ini disebabkan karena Risty sudah hamil terlebih dahulu. Perkawinan ini dilangsungkan menurut namun Inez Tagor, mewakili keluarga, karena keduanya memang sudah siap dan mantap menjalani kehidupan rumah tangga. Tidak pernah ada pernyataan resmi dari yang bersangkutan hingga kini.

8. Giring Nidji – Chintya

Pasangan Giring Ganesha Djumaryo atau Giring Nidji dan Chintya menggelar prosesi resepsi pernikahan pada Jumat (15/10) malam, dalam balutan pakaian adat Jawa, di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (15/10), maklum keduanya memang keturunan Jawa asli dan pernah tinggal di Yogyakarta.

Pernikahan Giring dan Chintya sendiri sebenarnya sudah berlangsung sebelum Ramadhan lalu, di hotel di Grand Mahakam,Jakarta. Tidak banyak yang tahu dan tidak pernah ada pemberitaan, bahkan resepsinya sendiri dianggap oleh media cukup mendadak. Hingga kini pun Giring merahasiakan tanggal pernikahannya yang sebenarnya.

Selain ingin khusyuk membaca akad nikahnya, belakangan Giring beralasan kalau labelnya memintanya agar tidak terlalu sering muncul bersama untuk kepentingan pasar lagu-lagu Nidji. Sehingga berita gembira pernikahanpun harus disembunyikan.

Upacara resepsi pernikahan Giring tidak tergolong mewah. Selama resepsi kedua mempelai memakai pakaian Jawa dengan menggunakan pakaian dodotan. Keduanya pun berencana menggelar umroh sebagai bulan madu. Giring ingin mengajak istri tawaf di depan Ka’bah, seperti yang sudah lama dicita-citakan.

Giring menikahi Chintya yang berstatus sebagai janda beranak satu, meski demikian keduanya bisa saling menerima. Bahkan anak Chintya dari pernikahannya terdahulu, Zidanne, sudah sangat lengket dengan voklis Nidji itu.

9. Choky Sitohang – Melissa Aryani

Pernikahan presenter Choky Sitohang – Melissa Aryani berlangsung secara tertutup Jumat (18/06/2010). Pernikahan mereka dikabarkan berlangsung dengan berbeda keyakinan sehingga tanpa restu keluarga sang istri. Namun tidak ada informasi yang jelas di mana pasangan ini resmi menikah, karena di Indonesia belum mengakomodasi pernikahan beda keyakinan.

Ketika didesak mengenai prosesi agama pernikahan mereka, Choky pun menolak menyampaikan, namun dirinya membantah kalau pernikahan mereka tanpa resti sang mertua. Dirinya menegaskan mendapatkan restu penuh dari orang tua istrinya, Melissa Aryani dan H. Anshori yang saat itu tidak hadir di pernikahan karena menderita sakit.

Resepsi pernikahan digelar di Wisma 76 Jl. S. Parman, Jakarta Barat dengan dihadiri tamu dari kalangan pejabat dan artis. Nampak hadir Annisa Pohan dan Agus Yudohoyono, Andara Early, Once, Sandy Aulia dan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen. Edward Aritonang.

Sementara ayah Melissa, Ansori menuturkan, dirinya menyerahkan semua keputusan kepada anaknya untuk mengarungi bahtera rumah tangga bersama Choky. Dia pun rela melepaskan anaknya, sebagaimana takdir Tuhan.

Dalam pernikahannya Choky mengenakan pakaian adat Batak yang modern dan elegan, dengan dominan warna ungu dan gold. Ungu merupakan wwarna kesukaan, emas melambangkan sesuatu yang abadi, dan klasik.

Pernikahan ini ditandai dengan ikatan cincin emas putih. Namun untuk pilihan tanggal 18 Juni tidak mengandung makna istimewa.

10. Adul – Azilia Nur Fatma

Sebelum resmi menikahi Azilia Nur Fatma (20), pada 26 Juni 2010 lalu, komedian Abdul Latief atau Adul (27) telah menjalin hubungan putus-sambung, setiap tiga bulan sekali hingga memutuskan melamar pada 27 Maret lalu. Keduanya terbilang dekat karena tinggal satu kampung, dan Fatma sendiri adalah anak guru Adul.

Dengan mengenakan baju rancangan Fashion Designer milik Djoko Sasongko, pernikahan berlangsung dengan upacara adat Betawi yang meriah. Kedua mempelai sempat diarak dengan tandu keliling kampung, disertai bawaan berupa roti buaya yang menjadi ciri khasnya. Bunyi terompet dari musik Tanjidor mengiringi kedua mempelai menuju pelaminan.

Pernikahan Abdul yang asli Jakarta itu penuh kehebohan, karena sahabatnya Komeng yang menjadi partnernya di acara WARA-WIRI datang memberikan kado berupa satu ekor kambing. Selain karena Adul takut dengan kambing, hewan itu juga sempat lepas dan berontak di atas pelaminan.

Sementara akad nikah Abdul Latief dan Azilia Nur Fatma berlangsung secara diam-diam dan tertutup, demi kepentingan tayangan khusus di TransTV. (kpl/dar)

( kapanlagi )




fb-social