10 Film J-Horror Terbaik

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Sep 27, 2011 | Kategori Top 10

Japanese horror atau J-Horror adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kontribusi Jepang untuk fiksi horor dalam budaya populer. J-Horror cenderung fokus pada horor psikologis dan membangun ketegangan (antisipasi), khususnya yang melibatkan hantu dan roh jahat, namun kebanyakan mengandung tema-tema kebudayaan rakyat.

Nah buat para Japan-ers yang sangat suka dengan film berbau horror tentunya film-film ini sudah tidak asing lagi, berikut adalah top 10 film J-Horror yang membuat kita menjerit-jerit seperti anak kecil:

10. Tales from the Dead
Dir. Jason Cuadrado, 2007

Tales From The Dead adalah film horor tahun 2007, ditulis dan disutradarai oleh Jason Cuadrado. Film ini adalah antologi dari empat cerita hantu yang diceritakan oleh Tamika, seorang gadis muda yang aneh dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang mati. Setiap kisah berhubungan dengan kerugian, rasa sakit dan dendam sebagai roh-roh yang mengatakan mereka mencoba untuk menempatkan hal yang benar di dunia orang hidup.


9. Kairo
US: Pulse; Dir. Kiyoshi Kurosawa, 2001

Kairo Adalah film horor Jepang yang dirilis pada tahun 2001 oleh Kiyoshi Kurosawa. Film ini berdasarkan novel nya dengan nama yang sama, dan dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2005 sebagai Pulse

Film ini mengisahkan tentang sekelompok sahabat yang melihat salah satu dari teman mereka bunuh diri, dan setelah kejadian itu banyak terjadi kejadian-kejadian aneh di Tokyo. Salah satu dari mereka bisa melihat temannya yang sudah meninggal di tembok, disisi lain banyak penampakan hantu di komputer teman-temannya.


7. Koroshiya Ichi
US: Ichi the Killer; Dir. Takashi Miike, 2001

Film Ichi the killer ini adalah sebuah film psychopat yang teramat sadis (sangat dilarang untuk anak dibawah umur menonton film ini!), bercerita tentang bos yakuza yang membawa kabur uang yang sangat besar dan dicari-cari oleh anggota geng yakuza lainnya.


8. Uzumaki
Dir. Higuchinsky, 2000

Uzumaki (うずまき, “Spiral”) Adalah film horor Jepang yang disutradarai oleh Higuchinsky. Uzumaki, dirilis pada tahun 2000, didasarkan pada manga episodik Junji Ito dengan nama yang sama.

Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu film J-horror teraneh, sebelumnya Uzumaki ini diangkat dari sebuah komik (yang komiknya saja sudah sangat aneh sekali xD) yang kemudian diangkat menjadi film layar lebar. Uzumaki ini bercerita tentang desa yang memiliki phobia terhadap “Spiral” atau lingkaran-lingkaran yang membuat semua orang di desa perlahan-lahan menjadi gila. Walapun cukup aneh, namun film ini sangat disarankan untuk kalian para pecinta cerita aneh dari Jepang.


6. Ōdishon
US: Audition; Dir. Takashi Miike, 1999

Sebuah film dari Takashi Miike, yang menceritakan Seorang duda yang kesepian yang mengadakan audisi untuk menemukan pasangan hidupnya kembali namun diisi dengan intrik-intrik Psychopat.


5. Chakushin Ari (One Missed Call)
US: One Missed Call; Dir. Takashi Miike, 2004

Film ini pun pernah di-remake ulang oleh perfilm-an Hollywood (film nya diperankan oleh Jessica Alba), dimana film one miss call ini sangat menegangkan, barang siapa yang mendapat miss call/panggilan tak terjawab dari sang hantu di handphone nya, dia akan meninggal sesuai dengan tanggal misscall tersebut. buat para penggemar film horror jepang, film ini cukup disarankan untuk ditonton!


4. Jisatsu Sākuru
US: Suicide Club; Dir. Sion Sono, 2002

Klub bunuh diri, yang dikenal di Jepang sebagai Lingkaran Bunuh Diri (自殺 サークル Jisatsu Sākuru) Adalah film independen Jepang yang bergenre horor pada tahun 2002 yang memperoleh cukup banyak ketenaran di festival film di seluruh dunia untuk subjek yang kontroversial dan presentasi berdarah. Film ini juga memenangkan Jury Prize untuk “Most Ground-Breaking Film” di Fantasia Film Festival. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Sion Sono.

Film ini diawali dengan bunuh diri masal 54 siswi SMU dengan melompat ke rel kereta dan menabrakan dirinya dengan kereta yang sedang melaju cepat di stasiun, dan setelah kejadian itu banyak terjadi kejadian bunuh diri di Jepang sana.


3. Honogurai Mizu No Soko Kara (Dark Water)
Dir. Hideo Nakata 2002

Film ini pernah diremake ulang oleh film Hollywood dengan judul “Dark Water”, film ini memiliki sense yang amat seram yang ber-setting di sebuah apartement, dimana cerita ini berkisah tentang seorang wanita yang tinggal di apartemen yang berisi banyak keanehan dalam apartemen tersebut.


2. Ju-on: The Grudge
Dir. Takashi Shimizu, 2003

Bagi para pecinta film Jepang pasti film ini sudah tidak asing lagi, siapa yang tidak tahu dengan salah satu film horror dari Jepang ini, Ju-on! atau mungkin lebih dikenal dengan nama “The Grudge” dalam versi Amerika. Film ini menceritakan tentang rumah yang terinfeksi oleh para setan, dimana setiap orang yang pernah menginjak rumah tersebut akan diganggu oleh setan, di setiap episode Ju-on ini terdapat macam-macam tokoh di setiap episodenya dan yang jelas, hantu di film ini cukup menyeramkan.


1. Ringu
US: The Ring; Dir. Hideo Nakata, 1998

Tidak aneh lagi kalau film ini menjadi film horror terbaik yang pernah ada di Jepang, di sisi ceritanya yang menyeramkan, film The Ring ini memiliki alur cerita yang sangat bagus, siapa yang tidak kenal dengan hantu di film ini, Sadako .. sosok wanita berbaju putih berambut panjang yang keluar dari sumur. Film ini sangat wajib ditonton buat para penggemar film horror khusunya para pecinta cerita film horror Jepang.