Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jan 11, 2011 | Kategori Tips

Tak ada alasan untuk tidak sarapan. Sebab, selalu ada cara membuat sarapan, terutama yang sehat dan praktis.

Sarapan bernutrisi yang praktis saran dari Mayo Clinic berikut ini bisa menjadi pilihan:
* Oatmeal dengan taburan kacang almond dan cranberry kering
* Sereal dingin dengan campuran buah
* Roti gandum dengan telur rebus
* Sayuran dan keju yang dibungkus dengan tortilla
* Buah, yoghurt rendah lemak, dan gandum yang diblender menjadi smoothie menyegarkan
* Roti gandum garing dicampur keju rendah lemak dan selai kacang
* Roti gandum dengan irisan daging tipis dan keju rendah lemak
* Pancake dengan campuran buah dan yoghurt

Sarapan praktis lengkap dengan sayuran
Jika pilihan makanan di atas rasanya tak sesuai dengan lidah, Anda bisa memilih makanan tradisional yang sehat dan praktis. Ahli boga dari Klub Nova, Erwin Kuditawati, menyarankan menu sarapan praktis kaya nutrisi yang bersumber dari kombinasi beberapa sayuran dalam satu sajian.

“Bubur manado atau pecel komplit bisa menjadi pilihan sarapan yang praktis dan sehat,” papar Erwin kepada Kompas Female.

Tak sulit membuat bubur manado, masakan khas Sulawesi Utara ini. Campuran sejumlah sayuran sebagai bahan utama menjadikan bubur manado makanan sehat kaya rasa. Kombinasi jagung manis, kangkung, bayam, kacang panjang, ubi merah, dan daun melinjo (pengganti gedi) membuat cita rasa makanan ini sangat khas.

Sayuran kaya gizi juga bisa didapatkan dari menu pecel komplit sebagai sarapan. Kacang panjang, tauge, bayam, dan wortel yang direbus kaya serat. Semakin nikmat dengan kuah bumbu kacang serta tempe dan rempeyek yang bikin sarapan lebih komplet.

Jika masakan ini masih kurang praktis bagi Anda, coba menu lain, seperti pisang epe atau serabi bandung. Pisang epe adalah pisang kepok yang dibakar dan disiram saus terbuat dari gula merah dan daun pandan. Praktis, bukan?

Agar tak lupa sarapan
Nah, jika menu di atas menjadi pilihan Anda dalam beberapa hari ke depan, usahakan untuk tidak melewati waktu sarapan. Caranya, buat perencanaan matang. Satu malam sebelumnya, pilih menu apa yang ingin Anda siapkan untuk sarapan. Bangun 10 menit lebih awal dari biasanya, namun jangan merasa terpaksa. Percuma saja menyiapkan sarapan sehat jika Anda merasa tertekan. Sebagai antisipasi jika Anda bangun kesiangan, siapkan bahan-bahan sarapan Anda dalam satu boks makan. Anda bisa meracik sejumlah bahan, seperti roti dan selai kacang, dalam perjalanan atau setibanya di kantor atau sekolah anak-anak.

Mengubah “mindset”
Tinggalkan mindset lama dan jalani pola pikir baru yang lebih menyehatkan, yakni bahwa Anda tak boleh melewatkan sarapan. Sebab, begitu Anda tak sarapan, meski dengan alasan ingin mengurangi asupan kalori, Anda akan makan lebih banyak saat makan siang. Jadi, pola pikir menunda sarapan atau tidak sarapan sama sekali tak layak lagi disimpan dalam otak Anda. Toh, tak butuh waktu lama untuk menyiapkan sarapan praktis dan sehat, seperti yang direkomendasikan di atas.


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya