6 Tips Mencegah Timbulnya Kebakaran di Rumah

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jan 12, 2011 | Kategori Tips

BeritaUnik.net, Jakarta – Musibah kebakaran bisa terjadi kapan dan di mana saja. Jika sudah menjalar, api bisa memusnahkan apa saja yang ada di dekatnya. Karena itu, tindakan pencegahan kebakaran sangat penting diterapkan di rumah Anda, apalagi jika di tempat tinggal Anda ada anak-anak.

Berikut ini 6 tips untuk mencegah kebakaran di rumah, seperti dilansir howstuffworks.

1. Setiap kamar di dalam rumah harus mempunyai sedikitnya dua jalan keluar; pintu dan jendela tanpa teralis. Jika kamar berada di lantai dua, pasang tangga lipat yang bisa diturunkan dari jendela.

2. Sediakan satu lemari khusus untuk menyimpan barang-barang yang mudah terbakar dan perkakas berbahaya yang susah dijangkau anak-anak. Pastikan lemari tersebut terkunci dengan baik dan pasang detektor panas di dalamnya, untuk berjaga-jaga jika ada barang yang terbakar.

3. Jangan pasang terlalu banyak stop kontak pada satu sirkuit listrik. Jika ada sikring yang menyala atau sirkuit memercikkan api, segera matikan aliran listrik dan panggil teknisi ahli untuk memeriksanya.

4. Jangan tempatkan kabel tambahan di bawah permadani atau karpet, karena material tersebut sangat mudah terbakar walau hanya sedikit percikan api.

5. Paku atau staples yang biasa digunakan untuk menempatkan kabel listrik di dinding atau tiang rumah bisa merusak karet pengamannya. Lebih aman jika Anda menggunakan selotip atau pita perekat.

6. Jauhkan barang-barang yang berpotensi mudah terbakar (korek api, hairspray, obat nyamuk semprot, spray deodorant, dan sebagainya) dari kompor atau tungku pemanas.


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya