5 Tips Agar Mimpi Selalu Indah

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| May 18, 2011 | Kategori Tips

1. Cegah konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin sebelum tidur.

Jangan mengkonsumsi kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur. Jika anda harus menggunakan zat-zat tersebut, konsumsilah jauh sebelum waktu tidur anda. Ketiga zat tersebut bisa mengurangi kualitas tidur anda, bahkan anda bisa mengalami kesulitan tidur. Selain menghindari ketiga zat ini, jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur. Minumlah segelas susu untuk mempernyaman proses tidur anda.

2. Hilangkan kebiasaan tidur siang

Tidur siang, apalagi jika terlalu lama bisa membuat tubuh anda terlalu segar pada waktu tidur. Karena jam tidur anda mundur, maka siklus biologis anda pun akan sedikit terganggu. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman baik waktu tidur ataupun saat terbangun.

3. Jangan melakukan aktivitas fisik yang terlalu melelahkan sebelum tidur

Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang melelahkan dalam durasi 4 jam sebelum tidur. Terlalu lelah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sakit pada tubuh anda. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab utama mimpi buruk.

4. Perhatikan kondisi kamar tidur anda.

Pastikan kamar tidur anda bersih, nyaman, dan tenang. Jangan menggunakan kasur untuk aktivitas selain tidur, misal untuk makan atau belajar. Tidurlah dalam kondisi kamar gelap (lampu mati) dan pastikan sirkulasi udara lancar, buka jendela jika udara terlalu panas. JIka anda tidak bisa tidur dalam kondisi lampu mati, kurangi cahaya di kamar anda, misal dengan menggunakan lampu tidur atau lampu dengan watt yang lebih rendah.

5. Meditasi dan Tenangkan Pikiran

Jika keempat metode di atas berhubungan dengan kondisi fisik anda, maka meditasi lebih ditujukan untuk memberi rasa nyaman secara psikologis. Metode ini terutama bertujuan untuk menghilangkan rasa gelisah ataupun berbagai masalah yang kadang terus menerus anda pikirkan hingga terbawa dalam mimpi. Untuk meditasi, gunakanlah musik-musik yang tenang (bisa berupa brainwave, audio self-hypnosis, ataupun musik instrumental) untuk relaksasi pikiran.

Sambil mendengarkan musik tersebut, cobalah untuk rileks.

Rasakan tiap hembusan nafas anda, dan cobalah untuk melemaskan setiap otot di tubuh anda, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Metode relaksasi ini bisa dilakukan dalam posisi duduk yang tegak dan nyaman, atau sambil berbaring. Sambil mengatur nafas, fokuskan pikiran anda ke suatu objek, bisa berupa lilin atau api, warna-warna yang berubah dan berpendar, atau bunga yang perlahan-lahan berkembang mulai dari kuncup hingga mekar sempurna. Lakukan hal ini kurang lebih selama 15 menit. Jika anda bertujuan untuk tertidur dengan nyenyak dan bermimpi indah, jangan lupa untuk mematikan musik sebelum tidur.

Itu tadi adalah berbagai tips untuk mempermudah anda mencapai mimpi indah. Jika anda ingin mencapai tahap lebih lanjut untuk mengontrol mimpi, jangan lupa untuk mencatat mimpi yang anda alami ke dalam “jurnal mimpi”.