4 Topik Favorit Si Ratu Gosip

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jul 21, 2011 | Kategori Tips

Gosip merupakan tipe pembicaraan paling umum terutama untuk para wanita. Tidak melulu tentang teman, pergosipan selebriti juga seringkali jadi bahan pembicaraan.

Dikutip womensday, penelitian pernah mengklaim kalau gosip itu bisa berefek baik terhadap kesehatan. Mendengar pembicaraan yang seru dari gosip bisa memicu hormon dophamine, hormon yang membuat Anda merasa senang.

Dari berbagai topik, tentu ada beberapa yang jadi favorit para penggosip. Berikut empat topik yang paling sering dibahas para ratu gosip.

1. Percintaan dan Skandal

Perselingkuhan, skandal, percintaan, sampai patah hati merupakan topik yang paling menarik hati para penggosip. Kenapa tema ini menarik? Kenapa lagi kalau bukan, semua orang mengalaminya. Menurut ahli psikologi, Helen Fischer, PhD, bergosip tentang percintaan sangat menyenangkan karena kita bisa menghubungkannya dengan pengalaman pribadi. Entah karena pernah mengalaminya atau berharap tidak akan merasakan hal yang sama.

Selain itu, pergosipan tentang kisah cinta juga dianggap bisa untuk mengungkap kepribadian si korban gosip lebih jauh. Gosip perselingkuhan bukan hanya dilihat sebagai masalah percintaan, tapi juga bisa digunakan menilai kepribadian orang tersebut yang tidak setia atau tidak bisa dipercaya.

2. Uang dan Kekuasaan
“Psssst, dia naik gaji lho.” “Eh, temen kamu naik jabatan tuh!” Tema pergosipan seperti ini tentu menjadi hal umum di kantor. Ternyata, ada alasan kenapa bergosip tentang gaji teman sekerja merupakan hal yang menyenangkan. Menurut Frank McAndrew, PhD, Profesor Psikologi di Knox College, Illinois, uang merupakan hal yang paling mudah untuk melihat siapa yang lebih unggul antara Anda dan teman.

Persaingan juga memang merupakan salah satu hal yang sering memicu timbulnya gosip. Tak jarang juga, orang membuka jalannya menuju kenaikan pangkat dengan cara-cara kotor seperti menyebar gosip.

3. Sifat & Reputasi
Ketika ada bos baru atau pacar baru adik Anda, biasanya para ratu gosip langsung beraksi. Mereka akan mencari tahu, siapa dia, bagaimana reputasinya, dan jika memungkinkan latar belakang masa lalunya. Dr McAndrew mengatakan, “Kita bergosip tentang reputasi orang untuk mengetahui mana yang harus kita dekati dan mana yang harus kita hindari.”

Semua orang rata-rata ingin mencari aman dan menghindari perselisihan. Tak ada orang yang ingin dikhianati atau disakiti, karena itu mereka akan banyak mencari tahu kepribadian seseorang, terutama orang yang akan banyak berhubungan dengannya. Karena itu, rata-rata orang senang bergosip tentang reputasi dan sifat seseorang untuk menentukan siapa teman dan lawan.

4. Selebriti

Nah, ini sasaran empuk si ratu gosip. Bicara tentang kehidupan serta rahasia-rahasia selebriti memang tak pernah ada habisnya. Walau banyak yang menghujat tayangan infotainment di TV, tapi tak sedikit juga orang yang terus memelototi tayangan gosip ketika sedang ditayangkan.

Menurut para ahli, gosip tentang selebriti merupakan hiburan dari kehidupan sehari-hari seseorang yang mungkin saja membosankan. Selain sebagai hiburan, gosip selebriti juga diam-diam dilakukan untuk mengurangi rasa ‘iri’ kepada si artis. Kehidupan selebriti yang glamor dan berlimpah kemewahan seringkali membuat banyak orang iri. Dengan mengetahui kalau ternyata si selebriti juga punya masalah atau catatan hitam, bisa sedikit mengurangi rasa ‘iri’ yang diam-diam ada di hati. Sambil membaca atau menonton tentang gosip selebriti, seseorang bisa saja berpikir, “ooh, ternyata walau kaya dia tidak lebih bahagia daripada saya, malah lebih sengsara.”


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya