Vertical Farm, Proyek Lahan Pertanian Ala Dubai

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Sep 12, 2011 | Kategori Sains dan Teknologi

Setelah mencoba membuat sebuah pantai yang sejuk, Dubai sekali lagi melakukan sebuah inovasi yang sangat hebat dalam kontraktor bangunan.

Seperti kita tahu Dubai kaya dengan minyak tetapi kalau bicara air dan pertanian, tentu Dubai bukanlah negara yang hebat.

Untuk itulah Dubai membangun sebuah pertanian dalam posisi vertikal dalam sebuah bangunan yang disebut “Vertical Farm”. Dan sebuah perusahaan arsitektur dan kontraktor bangunan dari Italia, Studiomobile akan membantu proyek “aneh” ini.

Bangunan yang berbentuk menyerupai sebuah tanaman ini akan memanfaatkan air laut untuk 2 keperluan yaitu satu untuk mendinginkan udara yang ada di dalam bangunan tersebut serta mengubah air laut tersebut menjadi air biasa yang nantinya akan digunakan untuk menyiram tanaman yang ada.

Udara yang akan masuk ke dalam bangunan tersebut akan didinginkan dengan bantuan air laut dan udara yang ada juga akan dikondensasikan sehingga akan mengubah udara menjadi air. Dan air inilah yang nantinya akan digunakan untuk menyiram tanaman.

Dengan proyek dan investasi seperti ini, kami hanya kuatir bahwa harga satu kg singkong disana mungkin seharga sebuah TV LCD/plasma.

Sumber: treehugger/otaku


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak