Menteri Riset dan Teknologi Luncurkan Robot PLN

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Oct 22, 2010 | Kategori Sains dan Teknologi


Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata meluncurkan robot Sewayang yang merupakan karya inovasi PT PLN (Persero). Suharna dalam acara peluncuran yang dilangsungkan di Kantor Pusat PLN Jakarta, Selasa (19/10) mengatakan, robot Sewayang terbukti mampu meningkatkan efisiensi kerja PLN.


“Robot Sewayang ini memudahkan kerja PLN dalam memenuhi pasokan listrik ke masyarakat. Ini merupakan wujud karya anak bangsa yang bisa dirasakan manfaatnya secara langsung,” katanya.


Hadir dalam kesempatan itu jajaran direksi PLN antara lain Direktur Energi Primer Nur Pamudji dan Direktur Perencanaan dan Teknologi Nasri Sebayang. Dirut PLN Dahlan Iskan berhalangan hadir, karena mesti mendampingi Wakil Presiden Boediono ke China.


Robot Sewayang tersebut, mampu membersihkan konduktor pada jaringan transmisi dan distribusi yang sulit dilakukan tenaga manusia. Suharna mengajak PLN terus mengembangkan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi, guna meningkatkan kualitas layanan penyediaan listrik kepada masyarakat.


Sekretaris Perusahaan PLN Ida Bagus G Mardawa P mengatakan, robot Sewayang sudah diujicobakan di jaringan transmisi dan distribusi di Jawa Timur serta Depok. “Ke depan, PLN akan terus menciptakan karya-karya inovasi guna meningkatkan efisiensi,” paparnya.


Sementara, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan PLN Hadi Parmono menambahkan, sejauh ini, pihaknya telah menciptakan 1.457 karya inovasi. “Sebanyak enam di antaranya dalam proses hak paten dan dua lainnya sudah mendapat hak paten,” ujarnya.

sumber :http://wisbenbae.blogspot.com/2010/10/pict-menristek-luncurkan-robot-pln.html


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak