Collina, Wasit Terbaik Sepanjang Sejarah

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jan 16, 2011 | Kategori Sports

Pierluigi Collina sudah beberapa tahun pensiun sebagai wasit internasional. Meski begitu, pengadil lapangan berkepala botak asal Italia itu masih menjadi wasit terbaik dalam 25 tahun terakhir.
Demikian terungkap dalam daftar yang dirilis oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) sebagaimana dikutip dari Football Italia Oktober tahun lalu.

Collina memuncaki daftar wasit terbaik dalam 25 tahun terakhir dengan total mengumpulkan 191 poin. Dia unggul tipis atas Markus Merk, wasit asal Jerman

[Markus_Merk2.jpg]

Markus Merk yang berada di posisi dua setelah mengumpulkan 184 poin.

Sebelumnya Collina sudah beberapa kali didapuk menjadi wasit tahunan terbaik juga oleh IFFHS. Status tersebut dia dapatkan di antaranya pada tahun 1998, 1999, 2000, 2001, 2002 dan 2003.
Collina memutuskan pensiun sebagai wasit pada tahun 2005 lalu setelah mengabdi pada dunia sepakbola selama 28 tahun. Tampil berbeda dengan kepala lincin tanpa rambut, Collina dikenal dengan ketegasan dan keputusan-keputusannya yang tanpa kompromi. Beberapa pihak bahkan menyebut dia sebagai wasit terbaik di dunia sepanjang masa.
Pria yang kini berusia 50 tahun itu saat ini masih berkecimpung di dunia perwasitan sebagai konsultan di Italian Football Referees Association (AIA) dan menjadi anggota Komite Wasit UEFA. Beberapa pertandingan terbaik yang pernah dia pimpin adalah final PIala Dunia 2002, final Liga Champions 1999 dan final Piala UEFA 2004.

Daftar Wasit Terbaik dalam 25 Tahun Terakhir
http://bsbingo.files.wordpress.com/2010/01/collina.jpg
1. Pierluigi Collina (Italy)
2. Markus Merk (Germany)
3. Kim Milton Nielsen (Denmark)
4. Peter Mikkelsen (Denmark)
5. Oscar Julian Ruiz (Colombia)
6. Sandor Puhl (Hungary)
7. Urs Meier (Switzerland)
8. Anders Frisk (Sweden)
9. Pierluigi Pairetto (Italy)
10. Helmut Krug (Germany)


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak

Situs Domino Terpercaya
Situs Bandarq Terpercaya