Alat Pengukur Kecepatan Smash Bulutangkis

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Nov 13, 2010 | Kategori Sports

Smash di bulutangkis tentu sudah anda ketahui semua, ya pukulan kencang yang dilakukan untuk menyerang mematikan lawan tanding.

Spoiler for Smash:


Rekor dunia kecepatan smash di bulutangkis dipegang oleh Fu Haifeng salah seorang pemain ganda China yang berpasangan dengan Cai Yun, rekor tersebut dilakukannya di Piala Sudirman 3 Juni 2005, dengan kecepatan 332 km/jam (206 mph). Itu merupakan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dari olahraga yang menggunakan raket. Kecepatan 206 mph adalah lebih cepat daripada kecepatan Kereta Api Eurostar yang kecepatan maksimumnya 186.4 mph.

Spoiler for Fu Hai Feng 332km/jam (206mph):


Spoiler for Kereta Api Eurostar 186.4 mph:


Sedangkan rekor smash untuk pemain tunggal putra dicetak dengan kecepatan 305 km/h (189 mph) oleh Taufik Hidayat, pemain sekaligus selebritis dari Indonesia. bahkan menurut catatan kecepatan backhand smash Taufik mencapai 260 km/h pada waktu berlaga melawan Chen Hong.

Spoiler for Taufik Hidayat 305 km/jam (189 mph):


Ternyata udah update gan, Lin Dan dari China memegang rekor tertinggi dengan kecepatan smash 339 km/jam.

Spoiler for Lin Dan 339 km/jam (210 km/jam):


Tapi apakah agan tau bagaimana metode pengukuran smash tersebut? Ternyata ada petugas khusus yang bertugas menembakkan speed gun (atau lebih populer dengan radar gun) yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan bola pada pertandingan baseball.

Spoiler for Speed Gun:


Bagaimana alat ini bekerja?

Spoiler for Penjelasan:

The Speedgun berkerja dengan K-Band transmitter dimana sinyalnya dapat dipantulkan oleh target objek. Pantulan sinyal akan menghasilkan pergeseran efek dopler yang proporsional pada kecepatan objek. pergeseran frekuensi doppler akan dideteksi oleh receiver, dikuatkan sinyalnya, melewati filter frekuensi, kemudian dikonversi menjadi sinyal digital dengan ADC (Analog to Digital Converter) dan mengalami Digital Signal Processing (DSP) dalam sebuah chip.

Dengan menggunakan software algorithma transformasi forrier kompleks, filter chip DSP akan menepis sinyal yang error dan memiliki level rendah untuk mengidentifikasi dan menampilkan kecepatan yang diinginkan dari target. Kecepatan dalam variasi statistik, rata-ratanya kemudian ditampilkan pada display LCD.

Bagaimana akurasinya? dari data teknis radar gun bushnell akurasinya +/- 1 mph untuk pengukuran benda bergerak yang posisinya pada gsris lurus menjauhi atau mendekati radar gun. jika pengukurannya dengan sudut tertentu maka akan menghasilkan cosine efect yang membuat toleransi akurasi bertambah besar ketika sudut pengukuran semakin lebar.



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5837328


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak