Manusia Sudah Mampu Berlayar Sejak Ribuan Tahun Lalu

Komentar

Share:facebook twitter gplus

| Jan 05, 2011 | Kategori Misteri

BeritaUnik.net, ATHENA – Menurut laporan resmi, para arkeolog di pulau Kreta, Yunani, telah menemukan bukti mengejutkan bahwa manusia sudah bisa berpindah melalui jalur air, ribuan tahun lebih awal dari dugaan semua.

Menteri Kebudayaan Yunani mengatakan bahwa arkeolog AS dan Yunani sampai kepada kesimpulan tersebut setelah menemukan peralatan batu dan kapak yang berusia sekira 130 ribu tahun di pulau Kreta, yang mana saat itu sudah menjadi pulau. Demikian seperti yang dikutip dari Red Orbit, Selasa (4/1/2011).

“Hasil dari survei tersebut tidak hanya menyediakan bukti kalau penjelajahan laut Mediterrania sudah dilakukan 10 ribu tahun lebih awal dari yang kita duga sebelumnya, tapi juga mengubah pemahaman kita akan kemampuan manusia jaman dulu,” ujar Menteri tersebut.

Bukti sebelumnya mengenai penjelajahan laut di Yunani pertama adalah berusia 11.000 tahun.

Dikatakan bahwa pecahan keramik serta pahatan ditemukan di wilayah Plakia dan Preveli pada tahun 2008 dan 2009 tersebut merupakan penemuan paling kuno mengenai perpindahan melalui jalur laut.

Para arkeolog Yunani yang bekerja dengan American School of Classical Studies pada awalnya hanya mencari sisa-sisa Jaman Batu era 10.000 sebelum masehi di barat daya pulau Kreta.

Bukti habitat manusia telah ada di pulau Kreta berasal dari jaman Neolitikum, sekitar 7.000 tahun sebelum masehi.

“Sampai saat ini kami belum memiliki bukti mengenai awal Jaman Batu di pulau Kreta,” ungkap arkeolog Maria Vlaziki.

“Mereka mungkin berasal dari Afrika atau dari Asia,” tambah Vlaziki. “Penelitian ke depan akan hal ini membantu menjelaskan,”

Menteri Kebudayaan Yunani juga menambahkan kalau alat-alat kuno yang ditemukan mungkin saja berusia sekira 700 ribu tahun.

Tim arkeolog tersebut kini sedang mengusahakan ijin dari pemerintah Yunani untuk menggali lagi lokasi tersebut. (okezone)


HaiEvent.com
Cerita Dongeng Anak